Perubahan, Desain Pembelajaran dan Urgensitas Guru Melek Teknologi

 


http://gurupenggerakindonesia.com/

Mengawali tulisan sederhana ini, saya memulai dengan konsep perubahan. Untuk membawa cara pandang seorang pendidik tentang perubahan secara mendalam, maka pendapat dua tokoh berikut ini saya kedepankan.

Wiliam F. Ogburn memberikan pandangan bahwa perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek-aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat. Sedangkan Robert Maclver menegaskan bahawa perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial (social relationship) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (Kun Maryati & Juju Suryawati, Sosiologi SMA Kelas XII, hlm, 5).

Dari dua pandangan di atas dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial identik dengan pola pikir dan sikap secara konkret. Dan dari perubahan pola pikir itulah, keseimbangan (equilibrium) dalam hidup di tengah kemajuan teknologi dapat terjadi. Karenanya, perubahan adalah realitas urgen yang harus diterima, dialami dan dihidupi oleh siapa pun dengan status apa pun juga.

Bagaimana konteks perubahan dari cara pandang seorang guru dan mengapa guru harus melek teknologi? Pertanyaan reflektif sekaligus menggugat inilah yang menjadi fokus ulasan ini. 

Sebagai seorang pendidik yang keseharian hidup identik dengan mendidik peserta didik (mengajar dan menjadi teladan) dalam semua aspek hidup, saya perlu mensharingkan pengalaman saya selama menjadi guru kurang lebih masuk tahun ke-7 pada lembaga pendidikan SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa-NTT pada khususnya dan juga realitas desain Kegiatan Pembelajaran (KBM) dari para guru pada umumnya.

Pertama, KBM luring. Sebelum pandemi covid-19 melanda Indonesia, biasanya KBM luring adalah pilihan utama. Khusus untuk para pendidik SMAS Katolik Regina Pacis pada umumnya 90% pemahaman dan juga penerapan KBM masih sebatas menggunakan spidol, papan tulis, ceramah, penugasan, dan diskusi kelompok. Sedangkan desain pembelajaran berbasis teknologi masih jauh panggang dari api. Semisal, para guru enggan menggunakan LCD dan video pembelajaran yang menarik. Dampaknya, peserta didik cepat merasa jenuh dan membosankan.

Kedua, KBM daring. Tak dapat dimungkiri, terlepas dari dampak negatif yang timbul dari pandemi covid-19, ada juga dampak positifnya. Dalam konteks pendidikan, covid-19 dipahami sebagai realitas sosial yang mengharuskan para pelaku pendidikan (guru dan murid) untuk tidak bisa lagi berdiam diri. Apalagi pasrah dan tetap tinggal pada zona nyaman, itu tak boleh terjadi. Sebaliknya, jika sikap kepasrahan yang dikedepankan, maka proses pendidikan yang terarah dan miliki orientasi humanis akan mati sebelum saatnya.

Hemat saya, selain pentingnya memiliki daya juang tanpa henti, namun satu aspek yang tak kalah pentingnya adalah guru harus melek teknologi. Sebab guru yang melek teknologi, akan memiliki segudang kreativitas untuk mendesain dan mengelola KBM daring secara profesional. Oleh karena itu, saya merasa penting untuk mengisahkan sedikit realitas pengelolaan pembelajaran daring yang dikemas oleh civitas SMAS Katolik Regina Pacis selama covid-19.

Sebelum memasuki tahun ajaran baru 2020-2021 para guru mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran daring seperti google classroom (GCR), edmodo, dan zoom. Untuk memperlancar kegiatan dan proses pembelajaran via daring, guru tikom juga mulai mencoba membuat aplikasi-aplikasi pendukung dan tepat sasar, tentunya. Selain itu, melalui media sekolah (Funpage Facebook SMAS Katolik Regina Pacis) pihak lembaga juga mulai melakukan sosialisasi kepada peserta didik dan orang tua terkait cara penggunaan media pembelajaran dan hal lainya secara benar.

Beberapa kegiatan yang dilakukan secara daring dan keberhasilanya mencapai 90% adalah pendaftaran murid baru, kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Tengah Semester (UTS), pembayaran keuangan sekolah melalui BRI Virtual Account, hingga kepada survei karakter dan Asesmen Kompetisi Minimum.

Selain itu, realitas yang tak kalah pentingnya lagi adalah para pendidik SMAS Katolik Regina Pacis 100% sudah mampu mendesain dan mengelola pembelajaran secara online. Buktinya, untuk sementara sudah 7 bulan kami menjalaninya dengan penuh tanggung jawab dan profesional.

Salah satu realitas sikap profesionalitas yang dipraktekan oleh para guru adalah mampu mendesain pembelajaran daring dalam bentuk video dan juga materi-materi yang mampu membangkitkan imajinasi dan daya kritis peserta didik dalam mengelaborasi serta menganalisis hingga kepada menemukan jawaban dan solusi yang argumentatif. Karenanya, dua hal urgen yang harus ada dalam pembelajaran daring melalui GCR dan edmodo adalah penjelasan materi dan juga pemberian quis atau soal-soal analisis.

Guru Melek Teknologi

Mendikbud pernah berujar bahwa akan ada perubahan wajah pendidikan pasca corona. DetikNews, 02/05/2020 melansir berita dangan tajuk; “Usai Pandemi Corona, Nadiem Sebut Sektor Pendidikan dan Kesehatan Berubah”. Nadiem sangat berkeyakinan bahwa dengan adanya penerapan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online, para siswa dan guru sekaligus akan dimampukan dalam hal melek berbagai fitur yang ada dari software.

Oleh karena itu, guru melek teknologi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seorang guru. Sebab hidup pada dunia kini identik dengan kemampuan teknologi dalam semua aspek hidup itu sendiri. Itu berarti, KBM luring maupun daring, sama-sama membutuhkan teknologi agar desain pembelajaran lebih menarik, tidak membosankan dan yang paling penting adalah membiasakan peserta didik melek teknologi dan juga bagaimana penggunaan teknologi secara bijak sejak dini.

Dan pada akhirnya, lebih dari sekadar desain pembelajaran menarik, namun guru yang melek teknologi justru akan mengalami beragam perubahan banyak aspek untuk bergerak maju dalam berkreativitas dan menjadi guru yang memiliki mental dan kepribadian yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan zaman dalam bidang pendidikan. Bahkan akan menjadi guru teladan baik dalam tutur maupun sikap. 

Dampaknya, guru terkait akan membudayakan sikap suka bicara dan berbuat berdasarkan peluang dan bukan berdasarkan risiko atau tantangan. Sebaliknya, tantangan akan diubah menjadi sebuah peluang untuk pengembangan diri menjadi pendidik yang lebih  kreatif dan berkarakter.

 Oleh Bonefasius Zanda-Pendidik SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa-Flores-NTT. Selain menjadi guru, penulis juga sebagai pemimpin redaksi Majalah Sekolah; Suara Ratu Damai dan juga sebagai pendamping debat Bahasa Indonesia bagi peserta didik yang memiliki minat dan bakat dalam berdebat.

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

445 Komentar

  1. ayo guru kita beradaptasi dgn hal ha bau di era covid-19

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rolandus ngoe lalu,XI IPS 3.
      Mantap pak guru,dengan begini bisa memotifasi para pendidik.

      Hapus
    2. Rolandus ngoe lalu,XI IPS 3.
      Mantap pak guru,dengan begini bisa memotifasi para pendidik.

      Hapus
    3. baik pak semoag menambah wawasan dan pengetahuan kepada kami

      Hapus
  2. Luar biasa pak guru. Terima kasih sudah boleh berbagi. Semangat trus untuk karyanya. Gbu

    BalasHapus
  3. Semoga seluruh Guru di Negeri ini mulai dari yang senior sampai ke yunior melek teknologi. Amin

    BalasHapus
  4. Luar Biasa Pak Boy,
    Tetap bersinar di tengah redupnya situasi global saat ini👍

    BalasHapus
  5. Guru harus terus melakukan perubahan agar lahir kreativitas2 baru demi perkembangan dunia pendidikan. Semoga semua guru di pelosok ini semakin melek teknologi. Sukses selalu guru.

    BalasHapus
  6. Luar biasa pak guru, semoga guru-guru mampu beradaptasi dengan berbagai tuntutan ditengah pandemi covid, sehingga guru dapat menggunakan teknologi yang ada dalam melakukan KBM dan tetap kreatif dalam mengelola KBM secara daring.

    BalasHapus
  7. Perubahan dan teknologi semakin cepat berkembang. Para guru harus segera melakukan transformasi paradigma berpikir, cara mengajar, cara mendidik, dan tekhnik2 ajar yg berbasis iptek..tuntutan dewasa ini, membuat para guru harus segera mengambil kursus dan pelajaran baru tentang IT dan Iptek. Virus corona, selain negatif, juga membawa aspek positif untuk dunia pendidikan, dunia marketing, dunia kerja dsb... Salam sehat dan semangat... Vian Pati (bpk Alena)

    BalasHapus
  8. Kebanyakan orang menganggap bahwa teknologi tidak bisa menggantikan peran guru namun saat ini guru harus mampu melek teknologi dan mengoptimalkan teknologi dalam mencapai pembelajaran yang berkualiatas. Mantap Pak Guru

    BalasHapus
  9. Mantap pak.... ayo bapak, ibu Guru kejar & tangkap iptek untuk kemajuan pendidikan, good bye GATEK 2021

    BalasHapus
  10. Mantap, isinya berkelas. Semoga makin banyak yang mengisi kolom ini.

    BalasHapus
  11. Pendapat saya diatas adalah sekarang semua pembelajaran membutuhkan tekonologi dalam pembelajaran daring maupun luring dalam situasi pembelajaran luring kita juga mebutuhkan teknologi seperti hp misalnya kita mencari jawaban jawaban yang diberikan guru begitupun sebaliknya dengan daring dan juga dalam pemberi materi atau guru juga membutuhkan teknologi untuk menyari informasi atau menyamakan informasi dari media buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ingat juga, teknologi harus membentuk sikap kita. Jgn sampai buat kita malah makin merusak

      Hapus
  12. Guru digugu dan ditiru. Guru adalah panutan siswa. Jadi, dalam rangka mengembangkan dan memajukan pengetahuan berteknologi ditengah siswa, guru harus lebih dahulu aktif dan paham mengenai teknologi sendiri.
    Luar biasa pak guru, semoga dengan tulisan pak guru ini, dapat memotifasi pendidik/guru-guru diluar sana, untuk melek dalam teknologi.

    BalasHapus
  13. Dengan guru yang melek teknologi siswa siswi merasa takjub dan terkesan sehingga senang untuk mengikuti pembelajaran during.Dengan begitu secara tidak langsung guru-guru mengajarkan siswa-siswi dengan menggunakan aplikasi pembelajaran dan aplikasi ujian siswa siswi dilatih agar bisa menggunakan teknologi.Mantap Pak Guru.

    BalasHapus
  14. Dengan guru yang melek teknologi siswa siswi merasa takjub dan terkesan sehingga senang untuk mengikuti pembelajaran during.Dengan begitu secara tidak langsung guru-guru mengajarkan siswa-siswi dengan menggunakan aplikasi pembelajaran dan aplikasi ujian siswa siswi dilatih agar bisa menggunakan teknologi.Mantap Pak Guru.

    BalasHapus
  15. Mantap sekali pak guru,pak guru sangat luar biasa untuk memberikan saran dalam teknologi yang canggih.dan sangat luar biasa dengan tulisan pak guru ini dan dapat memotifasi pendidik atau dengan guru guru di luar sana.

    BalasHapus
  16. Perubahan teknologi yang semakin pesat apalagi di tenggah pademi covid 19 ini menuntut guru guru harus melek teknologi karena guru guru yang melek teknologi memiliki segudang kreativitas. karena zaman sekarang seseorang dituntut harus melek teknologi dan perjuangan kalian semua guru guruku sangat luar biasa kalian mampu membuat mebuat kami para siswa tetap mengikuti pembelajaran dan tidak ketinggalan pelajaran.

    BalasHapus
  17. Perubahan teknologi adalah perubahan dari zaman di mana barang yang belum canggih ke alat yang modern. Sungguh dengan perubaha teknologi ini sangat membantu manusia untuk mempermudah pekerjaan tetapi dengan adanya perubahan teknologi ini membuat manusia semakin kecanduan dengan barang barang yang ada. Menjadi manja akan barang barang tersebut dan bisa menimbulkan keributan di dalam rumah tangga.

    BalasHapus
  18. Kebanyakan orang menganggap bahwa teknologi tidak bisa menggantikan peran seorang guru di bidang pendidikan.namun dengan keadaan seperti saat ini guru harus lebih melek teknologi dalam mencapai pembelajaran yang lebih berkualitas tinggi dan baik.
    virus Corona bukan hanya membawa pengaruh dan dampak yang negatif,tetapi juga membawah pengaruh dan dampak yang positif juga misalnya dalam dunia pendidikan dan dalam dunia bisnis.
    Sukses terus dan sehat selalu pak.Tuhan memberkati🙏.

    BalasHapus
  19. Perubahan dan teknologi semakin cepat berubah .bapak atau ibu guru harus berpikir bagaiamana cara mengajar dan juga mendidik siswa siswi agar mampu bisa berpikir .para guru harus mengikuti pelatihan atau kursus penggunaan aplikasi pembelajaran daring. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik selama pandemi covid-19

    BalasHapus
  20. Saya atas nama Marentina Saputri Sangi dari kelas XI IPS 4 saya suka dengan tulisannya pak guru.Kita sebagai siswa dan guru di tengah pandemi covid 19 ini harus bersama sama untuk bisa menjalankan pembelajaran baik itu laring maupun daring.Dan yang paling penting adalah guru dan siswa harus membiasakan diri untuk melek teknologi.
    Sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  21. Tanpa disadari, pandemi Covid-19 ini membawa dampak tersendiri. Yakni masyarakat mulai melek terhadap teknologi.

    Secara khusus pada siswa juga orang tua, pembelajaran tatap muka kini diganti dengan pembelajaran daring atau online. Tentu pembelajaran ini mengharuskan siswa dan orang tua dekat dengan teknologi.

    BalasHapus
  22. Bagus sekali pak guru untuk karyanya semoga dengan ini bisa memudahkan proses dalam kbm agar lebih efektif dan efesien

    dan untuk menarik perhatian peserta didik agar lebih menyenangkan dalam proses kbm

    BalasHapus
  23. Pendapat saya sebagai seorang siswa adalah memang zaman sekarang teknologu semakin canggih apalagi dengan adanya industri 4.0. Sebagai siswa saya juga membutuhkan teknologi dalam mengembangkan pengetahuan saya. Dalam pembelajaran daring maupun luring saya juga membutuhkan teknologi untuk mencari tugas tugas yang diberikan oleh bapak ibu guru.
    Terimakasih

    BalasHapus
  24. Bagus sekali pak Guru
    Semoga apa yang Pak Guru tulis dapat dijadikan motifasi bagi banyak Guru dan untuk para pelajar semoga melihat dari tulisan pak Guru ini kami sebagai seoarang pelajar akan semangat kembali melakukan belajar online dari rumah karena melihat dari perjuangan guru guru yang harus menguasai teknologi yang canggih demi kami.

    BalasHapus
  25. situasi sekarang memang sangat dibutuhkannya penguasaan dalam bidang tekonologi,sebab teknologi menjadi media pembeajaran para guru dan siswa.oleh karena itu para guru dan siswa haru melek teknologi jika ingin mendapatkan pengetahuan sebab sekarang semuanya bergantung pada teknologi.

    BalasHapus
  26. Peran seorang guru ditengah penyebaran virus Corona ini sangat penting untuk perkembangan siswa.Meskipun tidak dilakukan secara offline atau bertatap muka seorang guru membutuhkan teknologi untuk membantu perkembangan siswa.
    Sukses selalu pak guru, semoga Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  27. Bagus pak ...semoga para guru mampu beradaptasi dalam menghadapi berbagai tuntutan ditengah pandemi covid - 19 ini, semoga para guru mampu melek teknologi agar mencapai pembelajaran yang berkualitas ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Valentinus ndanduk (valtin)
      Kelas:xl IPS 3

      Hapus
  28. Perubahan teknologi yang semakin pesat apalagi di tenggah pademi covid 19 ini menuntut guru guru harus melek teknologi karena guru guru yang melek teknologi memiliki segudang kreativitas. karena zaman sekarang seseorang dituntut harus melek teknologi dan perjuangan kalian semua guru guruku sangat luar biasa kalian mampu membuat mebuat kami para siswa tetap mengikuti pembelajaran dan tidak ketinggalan pelajaran.

    BalasHapus
  29. Perubahan teknologi sungguh semakin canggih. Di era yang serba milenial siap yang tidak mengenal yang namanya teknologi. Dengan adanya teknologi sangat membantu para guru untuk lakukan proses pembelajaran. Di masa pandemi ini bukan hanya membawa dampak negatif tetapi juga membawa dampak positif. Dengan belajar secara online artinya harus menggunakan teknologi, artinya para guru akan sangat terbantu dan akan bergantung pada teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa pak guru,karena pak guru beradaptasi dengan hal baru di era covid18

      Hapus
  30. Semua para guru di sekolah sudah sangat baik kepada anak anaknya .Mereka sudah berusaha banyak demi membantu kami supaya kami bisa mengikuti KBM online seperti biasanya.Walaupun dengan covid 19 ini tapi guru guru tetap semangat dan berjuang bagi kami agar masadepan kami bisa tercapai.
    Tetap Semangat Guruku😊🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Maria ivoni ina djadji
      Kelas:11 IPS ³

      Hapus
  31. Guru yang melek teknologi membuat para peserta didiknya takjub sekaligus merasa termotivasi untuk belajar menggunakan teknologi sehingga tidak berputus asa dalam menjalankan pembelajaran during. Tulisan pak guru ini sangat bagus. Semoga tulisan pak guru dapat memotivasi para guru diluar sana termasuk para siswanya. Mantap pak guru

    BalasHapus
  32. Kebanyakan orang menganggap bahwa teknologi tidak bisa menggantikan peran seorang guru dalam bidang pendidikan.
    Namun dengan keadaan seperti sekarang ini guru harus lebih melek teknologi dalam mencapai pembelajaran yang lebih berkualitas,baik dan bagus.
    Virus Corona yang selama ini dianggap hanya dapat membawah dampak dan pengaruh yang negatif bagi banyak orang,akan tetapi virus Corona juga dapat membawah dampak dan pengaruh yang bernilai positif juga,misalanya dalam dunia pendidikan dan dalam dunia bisnis.
    Sukses terus dan sehat selalu pak🙏
    Tuhan Memberkati😇

    Nama:Maria Theresia Bheku Gae
    Kelas:Xl Ips 3

    BalasHapus
  33. Dengan majunya Teknologi, dpt mendukung dan majunya para guru dlm mengurus para siswa/i dlm melek teknologi ini apalagi dlm situasi covid,para guru sngat sukses dlm mndorong semangat para pelajar.

    BalasHapus
  34. Pendapat saya sebagai seorang siswa perlu kita ketahui bahwa pandemi ini membawah perubahan sangat besar dalam kehidupan kita ,terutama dalam dalam hal pendidikan ,sebagai seorang murid kita membutuhkan suatu teknologi dalam proses pembelajaran agar berjalan dengan lancar maka dari itu teknologi sangatlah membantuh dalam proses pembelajaran saat ini.

    BalasHapus
  35. "Saya Adelheid Ture"
    Menurut saya pembelajaran daring ini bagus ,siswa tidak merasa jenuh karena pembelajarannya bisa berupa video .Dan guru yang melek teknologi akan mengalami beragam perubahan banyak aspek untuk bergerak maju dalam beraktivitas.

    BalasHapus
  36. Benar pak, ditengah pandemi covid 19 ini dan adanya perkembangan zaman pendidikan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada, begitu pula dengan guru yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Guru adalah profesi yang tidak tergantikan teknologi, tetapi guru harus mampu menghadapi perubahan. Meskipun pembelajaran tidak dilakukan secara offline guru juga membutuhkan teknologi untuk perkembangan siswa.

    Nama : Maria Trisna Wati Elu
    Kelas: Xl IPS 3

    BalasHapus
  37. Nama: Brigita V. Bupu Daa
    Kelas : Xl lps3
    Saya sangat setuju ,menurut saya dengan dilakukannya pembelajaran seperti membuat siswa lebih memahami materi dan mudah mengerti .Dengan adanya perubahan -perubahan pada sapek-aspek kehidupan seperti ini membuat pandangan kita kearah yang lebih maju seperti munculnya teknologi -teknologi yang membawa perubahan seperti , teknologi ilmu pengetahuan membuat kita lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang diberikan .

    BalasHapus
  38. Nama: Brigita V. Bupu Daa
    Kelas : Xl lps3
    Saya sangat setuju ,menurut saya dengan dilakukannya pembelajaran seperti membuat siswa lebih memahami materi dan mudah mengerti .Dengan adanya perubahan -perubahan pada sapek-aspek kehidupan seperti ini membuat pandangan kita kearah yang lebih maju seperti munculnya teknologi -teknologi yang membawa perubahan seperti , teknologi ilmu pengetahuan membuat kita lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang diberikan .

    BalasHapus
  39. Pendapat saya sangat setuju dengan adanya teknologi dapat mendukung para guru untuk selalu siap sedia membimbing murid dalam situasi wabah virus corona dalam melek teknologi agar lebih canggih lagi.
    Sukses selalu Guru.

    BalasHapus
  40. Ya saya sangat setuju, menurut saya tentang pembelajaran daring dan luring

    BalasHapus
  41. Saya cristin blandina teku
    X1 ips 4
    Menurut saya dampak dari pandemi ini sangatlah berpengaruh dalam kehidupan kita ,terutama dalam bidang pendidikan kita membutuhkan teknologi dalam proses pembelajaran kita sehari hari agar pembelajaran berjalan dengan lancar .

    BalasHapus
  42. Sangat bagus pak guru ini juga sangat menginspirasi para guru untuk melek teknologi. Bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti. Sukses terus pak guru ( Cindy Claudia Marta Ule Hoa, XI IPS 5).

    BalasHapus
  43. Benar adanya pernyataan bahwa guru harus melek teknologi dalam keadaan seperti saat ini karena dengan begitu pembelajaran yang berkualitas serta pengaruhnya terhadap para murid sangat tinggi.
    "Sebagai seorang pendidik yang keseharian hidup identik dengan mendidik peserta didik (mengajar dan menjadi teladan)" mengajar dan menajadi teladan-apabila gurunya kreatif dalam melakukan pemaparan materi pembelajaran dengan teknologi yang ada tentu saja akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi muridnya.
    Apalagi di tambah dengan pembelajaran daring saat ini dibutuhkan guru yang melek teknologi dalam pemaparan materi pembelajaran agar murid tidak merasa bosan dan jenuh saat kelas online berlangsung.
    Sukses dan sehat selalu Pak.
    Tun🙏🤗😊

    BalasHapus
  44. Sekarang kita semua sudah berada di era atau zaman milenial dimana pembelajaran yang dilakukan secara daring maupun luring membutuhkan teknologi.Dalam kondisi seperti ini dapat banyak anggapan bahwa,teknologi mampu menggantikan posisi guru.Anggapan tersebut justru merupakan salah besar,karena dimana justru sekarang guru harus lebih melek teknologi,untuk menciptakan pembelajaran yang hebat pula.Teknologi dibutuhkan guru untuk menyamakan materi yang ada pada Internet dengan media buku,sehinhga guru lebih kreatif dalam mendidik siswanya.Teknologi juga mampu membuat siswa menjadi lebih kreatif,dan bersemangat.Dengan teknologi pun mampu mengenalkan siswa dan guru mengenai aplikasi yang ada pada software .Guru yang melek teknologi tidak hanya mampu menghasilkan siswa yang pintar melainkan siswa yang hebat dan bertanggung jawab.

    Nama: Hendrika Ermelinda Timu
    Kelas:XI IPS 3

    BalasHapus
  45. Sangat bagus pak guru, sangat kreatif dalam perubahan teknologi sekarang yang harus membuat para guru harus bekerja lebih optimal dan melek teknologi bagi para siswa untuk terus mengoptmalkan bembelajaran yang bagus.

    BalasHapus
  46. Karena hidup terus bergerak maju seiring berkembangnya teknologi maka kita tidak bisa berpuas diri dengan apa yang ada sekarang melainkan harus menempa diri untuk menghadapi setiap perubahan yang ada. Good luck pak guru. Salam sukses selalu.

    BalasHapus
  47. Perubahan teknologi yang semakin berkembang ditengah covid 19 membawah guru dan siswa harus melek dalam berteknologi. Kerena dengan teknologi guru dan siswa dapat melakukan aktivitas belajar dan mengajar yang dilakukan secara online saat ini

    BalasHapus
  48. Sangat bagus dan sangat bermanfaat pak guru.pada masa sekarang ini teknologi di butuhkan untuk membantu guru dalam mendidik dan membina siswa siswi.dan pada masa sekarang ini guru yang melek teknologi dan bahasa yang di gunakan juga dapat di mengeri oleh murid
    Nama: Andreas Sandika dhone sila
    Kelas: X1 ips 3

    BalasHapus
  49. Marta Claudia Bhoki
    Kelas: X1 IPS 3

    Di situasi sekarang,teknologi sangat dibutuhkan masyarakat ,teruta siswa dan para guru.Guru dan siswa menggunakan teknologi berupah handphone, komputer ,dan lebtob.Guru akan menggunakan aplikasi yang telah tersedia untuk siswa, dilakukan secara online ( tidak bertatap muka) disituasi wabah virus covid-19 saat ini.
    Sukses untuk kedepannya Pak Guru.
    Tuhan memberkati😇🙏

    BalasHapus
  50. Semoga para guru dimanapun berada terus terpacu belajar untuk dan demi para murid sehingga bisa menyelam bersama ditengah arus kemajuan teknologi. Salam melek teknology dari Australia. God bless

    BalasHapus
  51. Tulisan pak guru sangat baik sekali. Guru memang harus melek teknologi agar bisa menjalankan pembelajaran daring yang berkualitas tinggi agar siswa/ siswi juga dapat mudah mengerti. Dengan ini juga dapat memberi manfaat yang baik bagi guru dan juga siswa/ siswi.

    BalasHapus
  52. Nama:Anastasia Karmenita
    Meo Gae
    Kelas:11 IPS3
    Sangat bagus pak.Menurut saya dengan dilakukan pembelajaran seperti ini membuat kami lebih mengerti dan memahami materi.Di tengah pandemi membuat kami lebih memahami teknologi zaman sekarang.Tulisannya sangat bagus dan mudah untuk dimengerti.Tulisan pak juga bisa menginspirasi bapak ibu guru lainnya.

    BalasHapus
  53. Sangat bagus pak

    Dimana Sekarang ini kita semua sudah berada di era atau zaman revolusi 4.0 dimana pembelajaran yang dilakukan secara daring maupun luring membutuhkan teknologi.Dalam kondisi seperti ini dapat banyak anggapan bahwa,teknologi mampu menggantikan posisi guru.Anggapan tersebut merupakan salah besar,karena dimana justru sekarang guru harus lebih melek teknologi,untuk menciptakan pembelajaran yang hebat pula.Teknologi dibutuhkan guru untuk menyamakan materi yang ada pada Internet dengan media buku,sehingga guru lebih kreatif dalam mendidik siswanya.Teknologi juga mampu membuat siswa menjadi lebih kreatif,dan bersemangat. .Guru yang melek teknologi tidak hanya mampu menghasilkan siswa yang pintar melainkan siswa yang hebat dan bertanggung jawab.

    Nama: yasinta diana bupu rau
    Kelas : 11 ips 5

    BalasHapus
  54. Nama:Patricia wea
    Kls:Xl ips3
    Dalam perubahan desain pembelajaran menurut saya sangat luar biasa.karena para guru mampu mengubah aspek-aspek kehidupan sosial,seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat terlebih khususnya siswa-siswi SMAS KATOLIK REGINA PACIS BAJAWA.
    Guru-guru antosias sekali dalam melakukan perubahan kbm melalui online dengan melakukan kegiatan belajar secara online dengan aplikasi GCR,Edmodo dan zoom.
    Seperti yang kita ketahui,zaman sekarang teknologi semakin canggih.Dengan adanya teknologi memudahka kita untuk mendapatkan sesuatu.seperti,saya sebagai pelajar saya menggunakan interner untuk mengerjakan tugas agar bisa mengembangkan pengetahuan. Sekian dan terimakasih.

    BalasHapus
  55. Saya atas nama Claudia moi meo dari kelas X1 ips 3.
    menurut saya dengan dilakukanya pembelajaran seperti ini dapat membuat siswa lebih memahami materi dibandingkan dengan proses pembelajaran dari yang sebelumnya.

    BalasHapus
  56. Benar pak,
    Pendapat saya terkait peran guru di tengah penyebaran virus corona ialah sangat membutuhkan,karena pada saat sekarang ini masih dalam kondisi,dan memungkinkan saat ini .


    Nama :Angelina Domingga
    Dhiki
    Klas. : XI ips 4

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Nama ; Maria Sklastilka Ndee
    Kls ; Xl ips 3


    Perubahan teknologi
    Yang semakin pesat apalagi di tengah pandamin covid 19 ini menuntut guru guru haras melek teknologi karena guru guru yg melek teknologi memiliki segudang krativitas . Karena zaman sekarang sesorang dituntut harus harus melek teknologi dan perjuangan kalian semua guru guruku sangat luar biasa .kalian mampu membuat kami para siswa tetap mengikuti pembelajaran dan tisak ketinggalan pelajaran.

    BalasHapus
  59. Pendapat saya tentang tulisan di atas adalah tentang kemajuan teknologi yang sangat di butuhkan saat ini oleh semua kalangan pelajar dan juga guru.Dalam pembelajaran daring sangat dibutuhkan teknologi seperti handphone maupun laptop untuk mengikuti KBM secara online.Dan juga dengan melakukan KBM online ini kita juga bisa terhindar dari wabah virus Corona ini.Sistem online ini tetap yang terbaik pada masa pandemi ini.Dengan adanya aplikasi - aplikasi seperti classroom ataupun edmodo dapat membantu para siswa serta dapat membantu Guru dalam memberikan tugas atau soal yang harus di kerjakan oleh para siswa...Tapi di balik itu semua ada kesulitan dalam membuka aplikasi tersebut ,sebabkan oleh Maslah kota ataupun jaringan yang membuat siswa mengeluh terhadap guru..

    BalasHapus
  60. peran guru dalam hal ini diperlukan agar proses belajar mengajar tetap dijalankan tanpa ada rasa khawatir tentang virus corona ini

    Nama :Thomas Aquino Sue
    Kelas : XI IPS 4

    BalasHapus
  61. Menurut pendapat saya tentang penulisan di atas sangat bagus karna bisa membantu guru dan
    Siswa dalam mengajar apalagi sekarang SDH ada virus yg membuat semua orang harus ada d dalam rumah sehingga terhalangnya belajar sehingga di butuhkan alat teknologi seperti handphone dan laptop atau komputer sehingga siswa bisa belajar di rumah

    BalasHapus
  62. Pendapat saya tentang tulisan di atas Adalah sangat bagus dan bermanfaat bagi guru -guru lain bahwa guru guru harus melek teknologi agar bisa mengenal lebih dalam tentang pembelajar online ,dalam pembelajaran daring dan luring kita tetap menggunakan alat teknologi seperti HP, laptop dan alat teknologi lainya karena dengan seiring berkembangnya teknologi kita merasa puas dengan apa yang ada sekarang melainkan harus menerima diri untuk menghadapi semua perubahan yang ada. Ini saja pendapat dari saya.

    BalasHapus
  63. Pendapat saya sebagai seorang siswa ,saya sangat kagum sekali dengan karya yang ditulis oleh pa guru karena situasi sekarang ini memang sangat dibutuhkanya penguasaan dalam bidang teknologi menjadi media pembelajaran para guru dan siswa .
    dengan adanya karya ini dapat dijadikan motifasi terhadap banyak guru dan anak murid dalam proses pembelajaran online .

    BalasHapus
  64. Saya Maria Ferdinanda Bhoki
    XI Ips⁵
    Sangat bagus sekali pak
    Dengan dirubahnya desain pembelajara,dapat memudahkan siswa dalam belajar.Dan juga para guru dapat mengubah aspek kehidupan sosial,khususnya di bidang Ilmu Pengetahuan.Dan guru juga harus melek teknologi agar bisa mengajarkan kepada anak didiknya agar bisa mencipkana pembelajaran daring dengan lebih baik lagi demi kemajuan dan kecerdasan anak didik.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  65. Nama: frederikus bay
    Kls: ×1 IPS 4

    BalasHapus
  66. Luar biasa sekali pak guru😊
    Karya bapa sangat bagus,dan tentunya bisa memudahkan KBM agar lebih efektif dan efesien.
    Selain itu saya sebagai seorang siswa tentu akan lebih semangat dalam menjalankan pembelajaran online dari rumah, karena melihat perjuangan bapak dan guru-guru lainnya yang sangat berusaha menguasai teknologi demi mencapai pembelajaran yang berkualitas.

    Sukses terus pak guru😊
    Tuhan Yesus Memberkati😌

    Nama:Anggelina Mugi
    Kelas :X1 Ips³

    BalasHapus
  67. Nama:Maria Desita Meo
    kelas:Xl Ips3

    pembelajaran di atas menurut saya sangat baik,karena kita hidup dizaman yg modern dimana masyarakat sangat membutuhkan teknologi untun memenuhi kebutuhan hidupnya sehari".apalagi dimasa sekarang ini dimana penyakit dan virus sudah merajalela,dan interaksi antara sesama manusia sudah mulai renggang.oleh karena itu teknologi adalah salah satu untuk mempersatukan kita kembali komunikasi antara sesama kita.selain itu guru dan siswa siswi sangat membutuhkan alat teknologi untuk mempermudahkan belajar mengajar mereka.dalam kondisi sekarang alat teknologi bisa menjadi alat pengganti sosok guru dalam pembelajaran.
    Sekian dari saya.semoga berguna bagi sesama 😊❤

    BalasHapus
  68. Pendapat saya tentang tulisan di atas yaitu saya sangat setuju dengan dengan tulisan pak guru.Karena teknologi sangat berperan penting pada masa pandemi covid 19 ini.Oleh karena itu guru maupun siswa harus lebih melek teknologi agar bisa menyukseskan kegiatan belajar mengajar (KBM) pada masa pandemi covid 19 ini.Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Kita sama2 belajar dan terus berjuang

      Hapus
  69. Pendapat saya tentang tulisan di atas Adalah sangat bagus dan bermanfaat bagi guru -guru lain bahwa guru guru harus melek teknologi agar bisa mengenal lebih dalam tentang pembelajar online ,dalam pembelajaran daring dan luring kita tetap menggunakan alat teknologi seperti HP, laptop dan alat teknologi lainya karena dengan seiring berkembangnya teknologi kita merasa puas dengan apa yang ada sekarang melainkan harus menerima diri untuk menghadapi semua perubahan yang ada. Ini saja pendapat dari saya.
    Maria Karmeliana Yengo
    Xl lps 3

    BalasHapus
  70. keadaan ditengah pendemi covid-19 ini guru dan siswa harus lebih melek teknologi dalam proses pembelajaran sehingga lebih berkualitas.Guru yang melek teknologi memiliki kemampuan yang luar biasa karena mereka dituntut untuk mengikutu perkembangan zaman ,mereka dituntut untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada siswa dan sehingga siswa tidak ketinggalan pelajaran.

    BalasHapus
  71. Teknologi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia untuk berkomunikasi secara tidak langsung.Oleh karena itu setiap orang harus pintar dalam memanfaatkannya terutama bagi pendidik dan peserta didik seperti yang sedang dilaksanakan di SMAK Regina Pacis Bajawa.Karena hal-hal ini sangat membantu melancarkan aktifitas KBM dan terutama menambah kreatifitas para siswa maupun guru dalam hal penggunaan teknologi informasi.

    BalasHapus
  72. Di masa saat ini, kita hidup dengan membutuhkan teknologi. Apalagi sekarang kita berada di situasi seperti Ini di tengah pademi covid 19,hal Ini membuat para guru dan siswa sangat membutukan teknologi.Pembelajaran secara daring, membuat para guru Dan siswa harus memiliki pemikiran yg luas, sebagai seorang guru mereka akan lebih kreatif untuk mencari materi materi yang lebih baik dan cepat di pahami oleh siswanya ,dan sebagai seorang siswa mereka harus mencari tau bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut.

    BalasHapus
  73. Selama masa pandemi ini, peserta didik tentu akan menghabiskan waktu belajar di rumah. Di mana ini menuntut adanya kolaborasi yang inovatif antara orang tua dan guru sehingga peserta didik tetap bisa menjalani belajar online dengan efektif.

    Selain itu, kolaborasi yang inovatif dapat mengatasi berbagai keluhan selama menjalani belajar online. Ini akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan baik di masa kini maupun masa mendatang.

    BalasHapus
  74. Selama masa pandemi ini, peserta didik tentu akan menghabiskan waktu belajar di rumah. Di mana ini menuntut adanya kolaborasi yang inovatif antara orang tua dan guru sehingga peserta didik tetap bisa menjalani belajar online dengan efektif.

    Selain itu, kolaborasi yang inovatif dapat mengatasi berbagai keluhan selama menjalani belajar online. Ini akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan baik di masa kini maupun masa mendatang.

    BalasHapus
  75. Nama :wilhelmina ome
    Kerans
    Kelas : xl ips 3
    Pada kemampuan teknologi yang sangat canggih ini memudahkan kita untuk menemukan sesuatu.dengan keadaan seperti sekarang ini guru yang melek teknologi mampu membangkitkan semangat peserta didik dan memperlancar proses pembelajaran baik secara daring maupun luring di tengah situasi covid 19 ini.





    BalasHapus
  76. Menurut saya sebagai seorang siswa itu sangat luar biasa pak , dengan adanya tulisan ini menjadikan motifasi dasar bagi banyak guru dan untuk para pelajar, apalagi dengan perubahan teknologi yang semakin pesat ini membuat para guru memiliki banyak kreatifitas dan ditengah pandemi covid 19 ini menuntun guru-guru harus melek teknologi yang akan membuat para siswa siswi khususnya siswa siswi SMK Regina Pacis Bajawa untuk tetap mengikuti pembelajaran during.ini saja pendapat dari saya
    Wiwintania Beo Soro
    XI IPS 3

    BalasHapus
  77. Teknologi memang sangat di perlukan karena bisa melancarkan guru dan siswa dalam pembelajaran online

    BalasHapus
  78. Saat ini dunia sedang di landa covid-19,oleh karena itu sekolah melakukan pembelajaran online.dari teks yang saya baca saya sangat menyetujui dengan apa yg dipaparkan oleh pak guru karena sekarang teknologi sangat dibutuhkan oleh guru dan para siswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn lupa bijak dalam penggunaan teknologi

      Hapus
    2. Siap pak guru...
      Nama Agustinus K Etong
      Kelas: X1 ips 5.maaf pak lupa tulis nama

      Hapus
  79. Menurut saya sebagai seorang siswa ini sangat luar biasa pak, karena teknologi memang sangat penting diperlukan untuk melancarkan guru dan siswa dalam pembelajaran online

    BalasHapus
  80. Nama: Maria Kresentiana Titu
    Kelas : XI IPS 3

    Bagus sekali Pak Guru.
    Karena teknologi pada saat sekarang sangat bermanfaat sekali. Apalagi ditengah pandemi covid-19 ini, teknologi sangat berperan penting dalam pendidikan. Guru dan siswa menggunakan teknologi untuk melakukan pembelajaran secara online. Dengan dilakukan pembelajaran online ini maka siswa tidak akan ketinggalan materi karena situasi pandemi covid-19 saat ini.

    BalasHapus
  81. Nama : simforianus kaja jawa
    Kelas. : Xl ips 5

    Pendapat saya tentang tulisan di atas sangat bermanfaat bagi kita semua terutama guru -guru dan para siswa. agar bisa mengenal lebih dalam tentang pembelajar online ,dalam pembelajaran daring dan luring dengan menggunakan alat teknologi seperti HP, laptop dan alat teknologi lainya agar bisa melancarkan proses KBM dengan baik.

    BalasHapus
  82. Guru adalah panutan siswa. Jadi, dalam rangka mengembangkan dan memajukan pengetahuan berteknologi ditengah siswa, guru harus lebih dahulu aktif dan paham mengenai teknologi sendiri. Dengan
    erubahan dan teknologi semakin cepat berubah .bapak atau ibu guru harus berpikir bagaiamana cara mengajar dan juga mendidik siswa siswi agar mampu bisa berpikir .para guru harus mengikuti pelatihan atau kursus penggunaan aplikasi pembelajaran daring. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik selama pandemi covid-19

    BalasHapus
  83. Pandemi ini juga membawa dampak yang positif bagi kita mengapa saya katakan demmikian karena dengan adanya pandemi ini khususnya di bidang pendidikan mengharuskan para pengajar maupun pelajar untuk menggunakan teknologi agar dapat tetap menjalankan pelajaran disekolah secara daring, jadi para guru harus melek teknologi agar dapat terus melaksanakan pelajaran.

    BalasHapus
  84. Situasi saat ini merupakan tantangan bagi dunia pendidikan, mengubah manajemen pengelolaan pendidikan sangat diperlukan untuk mengimbangi perubahan yang sangat cepat.
    Guru dipandang perlu berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar dan harus responsif terhadap teknologi. Dengan begitu guru dapat memberikan akses pembelajaran yang mandiri, fleksibel, dan pembelajaran baru.
    Terima kasih pak guru, semangat terus. Tuhan Memberkati🙏

    BalasHapus
  85. Tanggapan saya mengenai tulisan di atas kita sekarang hidup pada zaman di mana perkembangan ilmu pengetahunan dan terkonologi sangat berpengaruh pada kehidupan oleh sebab itu kita sebagai pelajar dan guru harus bisa memanfaatkan alat-alat terkonologi dengan baik. Sekarang juga negara kita sedang mengalami pandemi virus Corona sehingga kita di wajibkan untuk tetap di dalam rumah ini sangat berpengaruh pada kegitanan belajar mengajar. kita dapat menggunakan tekonologi untuk melakukan KBM secara online

    BalasHapus
  86. Fransisko J.C Wato
    Xl ips 4
    Luar biasa pak guru...saya sependapat dengan pak guru di situasi pandemi ini peran guru sangatlah dibutuhkan...
    Ada yang mengatakan bahwa peran seorang guru tidak tergantikan oleh teknologi, dibandingkan dengan situasi saat ini mau tidak mau harus mau..kita semua harus sama sama beradapatasi dengan pembelajaran daring..
    Trimaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sikap kita tetap kritis. Jgn sampai kita di kuasai oleh teknologi, lalu terjerumus ke dalam penggunaan teknologi yg merusak

      Hapus
  87. Tanggapan saya mengenai tulisan di atas tadi ialah pada masa pandemi ini kita harus pintar menguasai berbagai teknologi karena kita hidup membutuhkan berbagai teknologi kita harus tetap berada dalam rumah dan mengikuti aktivitas kita dgn alat teknologi agar aktifitas kita dapat berjalan meski tidak seperti biasanya

    BalasHapus
  88. Benar pak, pada saat ini penggunaan teknologi sangat dibutuhkan khusus bagi para peserta didik dan para guru. Untuk menjalankan KBM luring maupun daring itu sangat membutuhkan teknologi, dimana desain pembelajaran akan terlihat menarik sehingga peserta didik tidak akan jenuh dan bosan saat mengikuti pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Maria Anjelina Fono
      Kelas : Xl lps 5

      Hapus
    2. Ya, benar tapi sikap kita juga harus selektif dlm penggunaan teknologi

      Hapus
  89. Nama:Arnolda Mojo
    Kelas:XI IPS 5
    Perubahan teknologi yang semakin pesat apalagi di tenggah pademi covid 19 ini menuntut guru guru harus melek teknologi karena guru guru yang melek teknologi memiliki segudang kreativitas. karena zaman sekarang seseorang dituntut harus melek teknologi dan perjuangan kalian semua guru guruku sangat luar biasa kalian mampu membuat mebuat kami para siswa tetap mengikuti pembelajaran dan tidak ketinggalan pelajaran.Dengan cara ini kita bisa mejalankan pembelajaran menggunakan teknologi sehingga para siswa tidak ketinggalan pembelajaran dan lebih mennambah wawasan kita.

    BalasHapus
  90. Saya Setuju Pak ,dengan situasi dan keadaan kita saat ini peran para guru sangat penting apa lagi pada saat Pandemi ini, memang menggunakan teknologi sehingga bisa membantu dalam proses belajar mengajar.
    Dan juga bisa menambah wawasan pembelajaran.

    BalasHapus
  91. Siap Bapak..Guru memang harus bisa berkolaborasi dengan melihat karakteristik peserta didik.

    BalasHapus
  92. Saya aloysius jebha sambu
    Kls XI IPS 5.

    Saya sangat setuju pak.
    Karena dengan situasi dan keadaan kita sekarang ini,peran dari seorang guru sangatlah penting,apalagi pada masa pandemi virus corona.pada saat ini penggunaan teknologi sangatlah penting.

    BalasHapus
  93. Sangat setuju karena dengan situasi seperti ini guru di tuntut untuk memberikan peranan lebih dalam pendidikan anak.Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini saya yakin siswa-siswi dapat menyerap semua pembelajaran yang diberikan guru.
    Nama:Maria Marcelina Ngene
    Kelas: Xl ips³

    BalasHapus
  94. Memang baik, tapi mesti kita kendalikan

    BalasHapus
  95. Nanma :yohanes boskardin lendo
    Saya sangat setuju dengan tulisan sederhana di atas karena menurut saya teknologi adalah suatu bidang yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan .dimana guru bisa memberikan ilmu pengetahuan yg baru menggunakan alat teknologi yang canggih dan siswa bisa lebih memahami dengan baik.

    BalasHapus
  96. Nama :Maria Elviran Bai
    Kelas :11 IPS 3

    Menurut pendapat saya ,saya sangat setuju dengan apa yang Pak guru katakan. Karena pada zaman sekarang ini orang -orang lebih banyak menggunakan media teknologi. Karena dengan menggunakan media teknologi semua pekerjaan manusia dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat.Media teknologi ini sangat penting dalam kehidupan manusia, apalagi dengan keadaan dan situasi yang menakutkan ini.Teknologi ini bisa memudahkan proses belajar mengajar secara online. Serta dengan adanya Media teknologi ini dapat menamba wawasan yang lebih luas lagi.

    BalasHapus
  97. Nama:sisilia anggadini eka garli
    kelas:Xl ips³

    hubungannya adalah dengan dilaksanakannya politik etis di Indonesia menyebabkan munculnya golongan terpelajar yang menerima pendidikan modern yang kemudian memimpin pergerakan kemerdekaan Indonesia.

    BalasHapus
  98. Arnoldus yansen Ue wawo
    Jelas XI IPS5
    Pendapatsaya tentang tulisan di atas Adalah sangat bagus dan bermanfaat bagi guru -guru lain bahwa guru guru harus melek teknologi agar bisa mengenal lebih dalam tentang pembelajar online ,dalam pembelajaran daring dan luring kita tetap menggunakan alat teknologi seperti HP, laptop dan alat teknologi lainya karena dengan seiring berkembangnya teknologi kita merasa puas dengan apa yang ada sekarang melainkan harus menerima diri untuk menghadapi semua perubahan yang ada. Ini saja pendapat dari saya.

    BalasHapus
  99. Nama jasmine elisabeth gae ngiso
    Kelas XI ips5
    Guru digugu dan ditiru. Guru adalah panutan siswa. Jadi, dalam rangka mengembangkan dan memajukan pengetahuan berteknologi ditengah siswa, guru harus lebih dahulu aktif dan paham mengenai teknologi sendiri.
    Luar biasa pak guru, semoga dengan tulisan pak guru ini, dapat memotifasi pendidik/guru-guru diluar sana.

    BalasHapus
  100. Edelbertus G.Due
    X IPS 4

    Luar biasa pak guru...

    Di zaman ini dunia pendidikan kita sedang diguncang oleh adanya covid-19.Tetapi sebagai guru yg bertanggungjawab mampu menciptakan jalur alternatif untuk pembelajaran pada zaman ini.Guru tidak pernah tergantikan oleh apapun termaksud teknologi.Banyak pihak yang berpendapat bahwa saat ini peran guru digantikan oleh teknologi.menurut saya tidak karena teknologi merupakan alat bantu untuk menyukseskan Pembelajaran online ini.
    Sekian dan terimakasih 🙏

    BalasHapus
  101. Nama : Felix elavunkal de lusi
    Kelas: XI IPS 4
    Komentar saya tentang blog yang ditulis sangat Bagus pak guru karena dengan guru melek teknologi guru guru dapat menghilangkan segala kejenuhan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih memahami materi saat mengikuti pelajaran. Saat ini pada masa covid -19 guru guru sangat membutuhkan kemajuan teknologi karena dengan kemajuan teknologi guru dapat memberikan materi materi kepada murid murid secara online. Oleh karena itu guru melek teknologi akan sangat dibutuhkan pada masa-masa sekarang ini

    BalasHapus
  102. Dengan guru melek teknologi guru-guru dapat menghilangkan kejenuhan siswa dapat dapat membuat siswa lebih memahami dengan jelas. Apa lagi di zaman sekarang sangat membutuhkan teknologi moderen.

    BalasHapus
  103. Maya Monika M. Watu
    X IPS 5
    Tulisan ini sangat bagus, karena dapat menambah wawasan serta kesadaran bagi para murid dan para guru(khususnya) untuk terus mengasah kemampuan serta keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi.

    BalasHapus
  104. Nama:Maria paskalia T Moni
    Kelas:X IPS 4
    Perubahan teknologi yang semakin pesat apalagi di tenggah pademi covid 19 ini menuntut guru guru harus melek teknologi karena guru guru yang melek teknologi memiliki segudang kreativitas.Karena pada zaman sekarang ini orang -orang lebih banyak menggunakan media teknologi. Karena dengan menggunakan media teknologi semua pekerjaan manusia dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat.Media teknologi ini sangat penting dalam kehidupan manusia, apalagi dengan keadaan dan situasi yang menakutkan ini.Teknologi ini bisa memudahkan proses belajar mengajar secara online. Serta dengan adanya Media teknologi ini dapat menamba wawasan yang lebih luas lagi.Tapi tetap kita harus membaca buku karna buku adalah jendela duniaa.

    BalasHapus
  105. Nama:Maria paskalia T Moni
    Kelas:X IPS 4
    Perubahan teknologi yang semakin pesat apalagi di tenggah pademi covid 19 ini menuntut guru guru harus melek teknologi karena guru guru yang melek teknologi memiliki segudang kreativitas.Karena pada zaman sekarang ini orang -orang lebih banyak menggunakan media teknologi. Karena dengan menggunakan media teknologi semua pekerjaan manusia dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat.Media teknologi ini sangat penting dalam kehidupan manusia, apalagi dengan keadaan dan situasi yang menakutkan ini.Teknologi ini bisa memudahkan proses belajar mengajar secara online. Serta dengan adanya Media teknologi ini dapat menamba wawasan yang lebih luas lagi.Tapi tetap kita harus membaca buku karna buku adalah jendela duniaa.

    BalasHapus
  106. Terima kasih pak boy dengan begini kami dapat mudah mengerjakan dan mengikuti prose belajar mengajar dengan mudah dan pengetahuan kami semakin luas

    BalasHapus
  107. Nama: Yuliana Trinanda Novisa Meo
    Kelas:X IPS 6
    Tentu saja pak
    Dengan kondisi pandemi saat ini tentu saja kita semua ingin agar penyebaran virus Corona ini cepat berhenti.
    Dan ini adalah situasi yang tepat untuk kita memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan,hal tersebut pasti mengharuskan guru serta siswa harus melek teknologi,belajar dirumah pasti membuat para siswa akan merasa jenuh dan dengan adanya guru yang melek teknologi bisa menghilangkan kejenuhan tersebut.

    BalasHapus
  108. Nama:Stefanus Emanuel Bai
    Kls. :X IPS 4
    Menurut saya,saya sangat setuju dengan blok yang di tulis oleh pak guru karena sangat lah bagus untuk siswa dan para guru untuk mengatasi pencegahan covid-19 maka onlne sangat di butuhkan oleh kita semua
    Terimahkasi.

    BalasHapus
  109. Nama: Serena Monica Ninu Putri Wangge
    Kelas: X IPS 4
    Komentar saya untuk blog yang diunggah pak guru ini menurut saya sudah sangat bagus. Karena guru sebagai contoh dan panutan bagi para muridnya. Guru memang harus lebih memahami tentang dunia teknologi dibandingkan murid dan bisa menambah wawasan untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang teknologi dan bisa mengasah kemampuan dan keterampilan kita dalam menggunakan teknologi.

    BalasHapus
  110. Nama:Agustina wena
    kelas:X IPS 4
    Menurut pendapat saya sekarang semua pwmbelajaran membutuhkan teknologi dalam pembelajaran daring maupun luring.Akan tetapi teknologi ini juga harus membentuk sikap kita.perubahan teknologi ini yang semakin pesat,apalagi ditengah pandemi covid-19 ini.Tetapi dengan kondisi pandemi ini kita juga harus membuka buku dirumah karena dengan kita membaca buku kita akan mengerti.buku ini adalah jendela dunia

    BalasHapus
  111. Nama: magadlena afliana dhone
    kelas:X IPS 5
    Menurut pendapat saya:Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi para siswa bisa mencari informasi dari berbagai tempat.Kemajuan teknologi sangat membantu kehidupan manusia apalagi pada saat masa pandemi covid-19,semua orang takut untuk keluar rumah ataupun beraktifitas di luar rumah.Akhirnya para guru dan lembanga sekolah membuat keputusan untuk bersekolah secara online dari rumah,agar tetap terhindar dari virus ini.Sekian pendapat saya tentang kemajuan teknologi ini

    BalasHapus
  112. Nama :Fidelis Flandino Ladja Lendo
    KelsK:X IPS 5
    Pada blok di atas sangat bagus trntate perkebangan sosiologi pada bidang teknologi yg di mana memudahkan manusia, bolok di atas sangat bagus .

    BalasHapus
  113. Nama : Vinsensia Toyo
    Kelas : X IPS 5
    Mantap Pak Guru, Tulisan ini bermanfaat bagi kami sebagai Pelajar, menambah wawasan, berpikir secara cermat, dan mengajarkan kami untuk menggunakan teknologi secara baik.

    BalasHapus
  114. Nama: magadlena afliana dhone
    kelas:X IPS 5
    Menurut pendapat saya:Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi para siswa bisa mencari informasi dari berbagai tempat.Kemajuan teknologi sangat membantu kehidupan manusia apalagi pada saat masa pandemi covid-19,semua orang takut untuk keluar rumah ataupun beraktifitas di luar rumah.Akhirnya para guru dan lembanga sekolah membuat keputusan untuk bersekolah secara online dari rumah,agar tetap terhindar dari virus ini.Sekian pendapat saya tentang kemajuan teknologi ini

    BalasHapus
  115. Nama: magadlena afliana dhone
    kelas:X IPS 5
    Menurut pendapat saya:Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi para siswa bisa mencari informasi dari berbagai tempat.Kemajuan teknologi sangat membantu kehidupan manusia apalagi pada saat masa pandemi covid-19,semua orang takut untuk keluar rumah ataupun beraktifitas di luar rumah.Akhirnya para guru dan lembanga sekolah membuat keputusan untuk bersekolah secara online dari rumah,agar tetap terhindar dari virus ini.Sekian pendapat saya tentang kemajuan teknologi ini

    BalasHapus
  116. Nama:kartonasius Rano Riwu
    Kelas:X ips 5

    Dengan perkembangan teknologi yg semakin pesat sehingga kita harus mempelajari terlebih dahulu agar kita tidak ketinggalan.
    Terutama para guru dan siswa
    Pertma untuk Para guru harus mempelajari terlebih dahulu agar mereka bisa memberi materi kepada anak muridnya lewat INTERNET dengan baik terutama dimasa pandemi ini, sehingga dapat melancarkan proses pembelajaran.
    Kedua untuk Siswa sekolahan juga harus mempelajari terlebih dahulu tentang bagaimana proses Untuk mengikuti proses pembelajaran atau materi materi yang diberikan oleh para bpk/ibu guru dengan baik.sehingga mereka dapat menyimpan semua materi yg diberikan dengan mencatat dibuku catatan.

    BalasHapus
  117. Nama: Serena Monica Ninu Putri Wangge
    Kelas: X IPS 4
    Komentar saya untuk blog yang diunggah pak guru ini menurut saya sudah sangat bagus. Karena guru sebagai contoh dan panutan bagi para muridnya. Guru memang harus lebih memahami tentang dunia teknologi dibandingkan murid dan bisa menambah wawasan untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang teknologi dan bisa mengasah kemampuan dan keterampilan kita dalam menggunakan teknologi.

    BalasHapus
  118. Nama :Fidelis Flandino Ladja Lendo
    Kelas :X IPS 5
    Menurut sy tentang blok di atas sangat begus dan dapat memebri ilmu bagi pem baca dari sy tentang blok di atas sangat bagus .

    BalasHapus
  119. Nama:Maria Imakulata Wae
    Kelas:X IPS 5
    Menurut saya ,sangat benar dengan apa yang di tuliskan oleh pak guru .Karna pada saat pandemi ini kita semua boleh memanfaatkan teknologi untuk tetap belajar seperti yang kita lakukan selama ini yaitu sekolah online.Dengan cara ini kita juga dapat mencari atau membantu dengan hal hal positif untuk menecegah penularan covid -19 yang semakin berkelanjutan ini.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  120. Blog yang ditulis oleh pak guru sangat bagus, selain sebagai pendidikan blog di atas juga membantu untuk memberikan semangat kepada siswa / siwi , juga kepada bapak ibu guru untuk semangat dalam menjalankan pembelajaran secara online. Dengan melaksanakan pembelajaran secara online kami siswa dan sisiwi SMA REGINA PACIS BAJAWA bisa memahami bahwa penggunaan teknologi seperti (Handpone) bukan hanya untuk kesenangan tetapi juga untuk melatih bagaimana menggunakan teknologi di bidang pendidikan.

    BalasHapus
  121. Nama: Maria Oktaviana Ngasi
    Kelas : X IPS 4

    Menurut saya, dengan kondisi seperti ini tetu saja kita ingin terhindar dai penyebaran virus corona namun kita juga harus memanfaatkan teknologi dalam bidang pendidikan. Hal ini agar para siswa dan guru semakin melelk dalam teknologi yg semakin canggih ini. Maka dgn les online ini sangat membantu kita agar terhindar dari penyebaran virus corona.
    Trimakasi

    BalasHapus
  122. nama: yoseph del ansiata rato
    kelas :X IPS 4
    pada saat ini perkembang media teknologi sangat cepat di berbgai penjuru dunia pun bisa menggunakan media teknologi.di samping perkembang ini<pada saat pandemik ini semua orang harus melihat media teknologi dan memanfaatkan dengan baik.tengaga didik juga harus cepat mencari teknologi baru agar tetap berkreasi dan KBM pun tetap berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  123. Nama : Renjelia F. Geong
    Kelas : X IPS 5
    Saya sangat menyukai pendapat yang pak guru berikan , dan saya juga suka dengan pemblajaran online yang dilakukan oleh Smans Katolik Regina Pacis Bajawa
    Karna kami bisa mengerti materi yang diajarkan.
    Sekian komentar dari saya , Terimaksih

    BalasHapus
  124. MARIA SERLINDA MEO
    X IPS 5
    Menurut saya tulisannya bagus pak.
    Saat ini teknologi berkembang pesat dan cepat, dan dengan itu kita bisa menfaatkan teknologi ini untuk mempermudah siswa siswa untuk sekolah online dan untuk menambah wawasan yang lebih luas, karena dengan keadaan covid-19 saat ini tidak memungkin kita untuk sekolah offline.

    BalasHapus
  125. Perubahan dan teknologi semakin cepat berkembang .dan para guru harus segera melakukan transformasi ,pradigma berpikir, cara mengajar dan cara mendidik serta teknik teknik ajar yang berbasis iptek. kebanyakan orang menganggap bahwa teknologi tidak bisa menggantikan peran guru namun saat ini guru harus mampu mengoptimalkan teknologi dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas.
    atas nama=sisilia klaudiana mude
    sekian dari saya trimaksih😊

    BalasHapus
  126. Perubahan dan teknologi semakin cepat berkembang .dan para guru harus segera melakukan transformasi ,pradigma berpikir, cara mengajar dan cara mendidik serta teknik teknik ajar yang berbasis iptek. kebanyakan orang menganggap bahwa teknologi tidak bisa menggantikan peran guru namun saat ini guru harus mampu mengoptimalkan teknologi dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas.
    atas nama=sisilia klaudiana mude
    sekian dari saya trimaksih😊

    BalasHapus
  127. Nama:yustina j bonge
    Kelas: 10 ips 5
    Di masa pandemi seperti ini para pendidik harus melek teknologi karena kualitas seorang pendidik sangat berpengaruh besar bagi para peserta didik.Maka dengan berbagai cara harus dilakukan oleh para pendidik agar mereka bisa memberikan ilmu yang berkualitas tinggi bagi para anak didiknya.Dari gagasan yang telah disampaikan oleh Pak Boy,saya selaku peserta didik SMA REGINA PACIS BAJAWA sangat bangga karena bisa menjadi salah satu pelajar di sekolah ini karena para pendidik di sekolah ini sangat berusaha semaksimal mungkin agar bisa memberikan ilmu yang berkualitas bagi para anak didiknya sehingga kami pun sebagai seorang peserta didik REGINA PACIS mendapatkan ilmu yang berkualitas juga.Dan dengan adanya pembelajaran online seperti ini,akan menambah wawasan tentang dunia teknologi,dari yang awalnya tidak tahu tentang teknologi dan cara penggunaannya menjadi tahu.
    Itu saja pendapat yang dapat saya kemukakan,
    Sekian dan terima kasih.

    BalasHapus
  128. Nama : Marselina Karmilla Toyo
    Kelas : X Ips 6

    Saya sangat setuju dengan pendapat pak guru. Karena dengan menggunakan sistem pembelajaran menggunakan teknologi dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membuat siswa lebih bijak dalam menggunakan teknologi .

    BalasHapus
  129. NAMA : Yoseph Del Ansiata Rato
    KELAS : X IPS 4

    saya menyetujui blok yang di tuliskan pak guru karena dengan adanya pandemik covid 19 ini sangat di butuhkan tulisan atau blok yang akan menyadarkan kepada semua orang entang pencegahan terhadap covid 19

    BalasHapus
  130. Nama: Maria Ermelinda Lahut
    Kls:X IPS 4

    Blog yang ditulis oleh pak guru sangat bagus selain sebagi pendidikan blog di atas juga bisa memberikan semangat kepada siswa/sisiwi, juga kepada bapak ibu guru untuk terus semangat dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar secara online. Dengan melaksanakan pembelajaran secara online dapat membantu siswa/siswi memahami bahwa penggunaan teknologi (handpone) bukan hanya digunakan untuk kesenangan semata tetapi juga dapat digunakan di bidang pendidikan untuk proses belajar mengajar yang di lakukan saat ini.

    BalasHapus
  131. Nama : Maria Nio Jodho
    Kelas :x ips 4menurut saya saya setuju dengan blok yang diberikan pak guru sehingga belajar online yang kami laksanankan ini dapat kami kerjakan dengan mudah dan juga dengan belajar online kami dapat sangat kami butuhkan pada saat pandemi covid 19 saat ini .terima kasih

    BalasHapus
  132. Nama:OKTAFIANI JEMATU
    Kelas:XIPS 5
    Menurut saya, tentang blog di atas Sangat "BAGUS".Karena dengan melek teknologi guru" dapat menghilangkan segala kejenuhan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih memahami materi saat mengikuti pelajaran. Saat ini pada masa covid -19 guru guru sangat membutuhkan kemajuanteknologi.karena,
    dengan kemajuan teknologi guru" dapat memberikan materi kepada murid"secara online. Oleh karena itu guru melek teknologi akan sangat dibutuhkan pada masa-masa sekarang ini.
    Sekian dan terimakasihTerimakasih🙏

    BalasHapus
  133. Nama:kartonasius Rano Riwu
    Kelas:10 ips 5

    Menurut saya
    Dengan perkembangan teknologi yg semakin pesat ini dapat memudahkan kita untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
    Dan saran saya para guru dan siswa harus mempelajari terlebih dahulu tentang teknologi INTERNET agar para guru dan siswa bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik terutama pada masa pandemi ini

    BalasHapus